Sabtu, 06 Februari 2010

KISAH EMPAT PEMUDA

Tersebutlah empat orang pemuda yang sedang merantau. Pemuda pertama bertubuh tinggi besar dan kuat sekali fisiknya. Ialah yang terkuat di antara mereka. Pemuda yang kedua bertubuh tinggi kurus dan berkacamata, otaknya sangat encer. Ialah yang terpandai di antara mereka. Pemuda ketiga bertubuh gemuk pendek. Otaknya tidak seberapa pandai, tapi ia sangat baik dan mudah bergaul..dan pemuda yang terakhir adalah orang yang paling bijak dan soleh diantara teman – temannya. Ialah pemimpin mereka semua.
Suatu ketika mereka kehabisan bekal dan akhirnya tiba disebuah pelabuhan. Maka berkalah sipemimpin, ¨Pemuda pertama bagaimana kalau kau bekerja dan mencari nafkah untuk kita hari ini, pemuda kedua yang mencari esok harinya, pemuda ketiga lusanya dan aku besok lusanya.¨ Setelah sepakat dengan hal tersebut, berangkatlah pemuda pertama bekerja.
Pemuda pertama bekerja sangat giat, karena fisiknya amat kuat maka sore harinya ia berhasil mengumpulkan 1 juta rupiah. Pemuda kedua di hari kedua, karena kepandaiannya berdagang maka banyak sekali yang menjadi pelanggannya hingga sore harinya ia berhasil mengumpulkan 2 juta rupiah. Pemuda ketiga tidak sekuat pemuda pertama dan tidak sepandai pemuda kedua, namun karena ia ramah dan relasinya banyak, ia akhirnya berhasil mengumpulkan 3 juta rupiah. Sedang di hari berikutnya giliran pemuda keempat. Ia berkunjung ke balai pertemuan di pelabuhan itu dan memberi ceramah. Semua orang terpesona dengan ceramahnya dan akhirnya ia membawa pulang 4 juta rupiah.
Kemudian sipemuda keempat atau pemimpin mereka berkata,¨Teman – temanku..kita telah bekerja keras, meskipun hasil yang kita terima berbeda..tapi jika ditotal penghasilan kita adalah 10 juta rupiah..bila kita bekerja bersama – sama dan tidak sendiri – sendiri, maka sebanyak itulah penghasilan yang Insya Allah akan kita terima setiap harinya.
Jika diibaratkan keempat pemuda itu adalah Kemampuan Fisik (PQ), kemampuan Intelegensi (IQ), kemampuan emosi (EQ) dan kemampuan spiritual (SQ). Kemmpuan ini tentu saja memiliki kekuatan yang berbeda – beda tetapi bila digabungkan maka akan memiliki kekuatan yang luar biasa. Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar