Sabtu, 03 April 2010

SELIR

Dahulu kala di Cina tersebutlah seseorang yang dikenal sangat piawai dalam ilmu perang yaitu Sun Tsu. Sun Tsu hidup di masa Cina dalam kondisi kemelut perang yang tiada henti. Namun berkat kehebatannya sebagai panglima perang raja, akhirnya negeri besar tersebut berhasil dipersatukan.
Namun sang Kaisar tetap tidak puas. Ia merasa bahwa keselamatannya masih tetap terancam dan ingin agar orang – orang terdekatnya yaitu selir – selirnya dilatih ilmu perang sehingga bisa melindungi sang kaisar. Para selir tertawa cekikian mendengar berita tersebut, namun mereka takut menolaknya.
Singkat cerita selir – selir kaisar tersebut dilatih oleh seorang perwira yang merupakan anak buah Sun Tsu yang cukup piawai. Namun setelah enam bulan ternyata tidak ada kemajuan apapun dari selir – selir tersebut. Mereka terkesan main – main selama latihan sehingga sang perwira sangat kesulitan dan tidak berdaya melatih karena mereka adalah selir – selir kaisar.
Karena si perwira tidak mampu, maka atas kesepakatan kaisar dengan para menterinya maka pelatihan selir – selir kaisar diserahkan langsung kepada Sun Tsu. Sun Tsu bersedia asal ia diberi kewenangan penuh lengkap dengan stempel mandat, gaji dan target pencapaian.
Awalnya Sun Tsu pun kesulitan mengatur selir – selir kaisar. Akhirnya setelah diamati ternyata ada seorang yang menjadi biang kerok di antara selir – selir tersebut. Ia adalah selir kaisar yang tercantik dan terpandai sehingga kaisar amat sangat menyayanginya.
Mengingat kewenangan penuh yang dimilikinya, Sun Tsu pun menghunus pedangnya dan memenggal kepala si selir cantik. Sang kaisar terbelalak, namun tidak bisa berbuat apa – apa karena ia telah memberi Sun Tsu kewenangan penuh.
Dengan penuh wibawa Sun Tsu berkata kepada para selir lainnya yang gemetar ketakutan, ¨Siapa lagi yang ingin bernasib sama kehilangan kepala, maka silahkan berlatih main – main.¨.
Akhirnya, hingga program latihan selesai, seluruh selir berlatih sungguh – sungguh dan disiplin sehingga visi dan misi raja yang ingin menjadikan selir – selirnya sebagai pelindungnya tercapai.
Memang untuk menegakkan sesuatu visi dan misi kita harus berusaha keras, berpegang teguh dan berkomitmen untuk sungguh – sungguh melakukannya. Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar