Minggu, 16 Agustus 2009

KENIKMATAN


gambar dicopy dan diedit dari http://express.howstuffworks.com/wq-iceberg.htm
Nilai kenikmatan mungkin tidak seberapa.. Makanan hanya terasa nikmat saat dia berada di lidah..saat dia di perut mungkin tidak ada bedanya antara singkong dengan Fettucini.
Kenikmatan seksual hanya berlangsung beberapa saat saja..demikian juga dengan hal - hal yang menyenangkan lainnya.
Tetapi kita sering sekali memburu kenikmatan itu lagi dan lagi..seolah minum air laut semakin diminum semakin haus.. Kita kerahkan seluruh daya upaya kita untuk mereguk kenikmatan yang kita mungkin rasakan hanya sesaat.
Hal inilah yang menimbulkan benturan kepentingan untuk mendapatkan kenikmatan tersebut antara kita dengan orang lain.. akhirnya saling sikut terjadi di sana sini.. sehingga akhirnya menimbulkan korban baik jiwa, harta, jasmani maupun perasaan kita. Akibatnya konflik antar manusia tidak pernah selesai..dan hanya memperturutkan hawa nafsu saja.
Di dalam ilmu jiwa hawa nafsu itu disebut sebagai id..aturan, norma kemsyarakatan ataupun keimanan disebut sebagai superego..dan akhlak kita ini disebut ego. Ketiga bagian dari jiwa itu seperti gunung es..dimana id atau nafsu kita menduduki sebagian besar yang terpendam dalam jiwa kita. sedangkan super ego adalah puncaknya dan ego adalah batas airnya. seperti gambar di atas..bila ego kita tidak mampu melawan dorongan id yang ada di dalam dan tekanan superego dari luar maka kita bisa mendapat gangguan jiwa.
Berbicara mengenai id, ego dan superego pun kita berbicara mengenai fenomena jiwa kita..begitulah kita manusia ini..seperti gunung es..apa yang kita tampilkan di permukaan hanya sedikit dari kepribadian atau jiwa kita yang terdalam. Itulah sebabnya mengapa sebelum menikah begitu indah..setelah menikah kok seperti ini jadinya? Sebelum terkenal akan merasa nikmat bila terkenal..namun setelah terkenal luar biasa problemnya..Jiwa manusia merupakan sesuatu yang rumit..demikian pula hubungan antar manusia..bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar