Minggu, 13 September 2009

KESABARAN ORANG GILA

Temanku pernah bekerja di sebuah tempat perawatan orang sakit jiwa.. Di sana, ada beberapa mantan pasien yang menjadi cleaning service. Mereka menjadi cleaning karena keluarganya sudah tidak mau menerima mereka lagi. Meski demikian, mereka amat rajin bekerja dan hasilnya amat bersih walaupun upahnya super minim (bahkan sering tidak diupah).
Bisakah anda membayangkan hidup dengan uang rata – rata hanya 20 ribu sebulannya? Hal yang mustahil bukan? Namun mereka mampu menjalaninya, meski mereka harus makan di instalasi gizi atau kadang dari belas kasihan mahasiswa yang kebetulan praktek di tempat itu.
Temanku pernah bertanya pada salah satu mantan pasien yang bekerja itu, ‘Mengapa kalian mau bekerja dg upah yang minim dan kadang tidak dikasih?’ Mereka berkata, “ Di dalam hidup, orang harus sabar, ada atau tidak ada yaa disyukuri saja..masih untung tempat ini mau menerima kami bekerja dan masih memberi makan kami.”
Saat itulah temanku tersadar, temanku itu kini bekerja di tempat yang enak, dapat makan siang gratis, antar jemput lagi, gaji dan tunjangannya besar pula, namun masih mengeluh juga..betapa katanya manusia ini seringkali tidak bersyukur, sedang orang yang akal sehatnya tidak begitu baik pun mampu memahami arti syukur, mestinya ia yang mengaku normal ............. Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar