Sabtu, 09 Januari 2010

JAM PASIR

gambar dari http://id.wikipedia.org/wiki/Jam_pasir

Menurut Wikipedia, jam pasir adalah perangkat untuk pengatur waktu. Terdiri dari dua tabung gelas yang terhubung dengan sebuah tabung sempit .Salah satu tabung biasanya diisi dengan pasir yang mengalir melalui tabung sempit ke tabung dibawahnya dengan laju yang teratur. Ketika pasir telah mengisi penuh tabung bawah, alat ini bisa di balik sehingga dapat digunakan kembali sebagai pengatur waktu. Jam pasir merupakan nama umum yang mengacu pada gelas pasir, dimana jam pasir ini digunakan untuk menghitung waktu selama satu jam.
Berat pasir yang berada dijam pasir berbeda - beda tergantung dari besarnya jam pasir tersebut. Biasanya sih sekitar sepuluh gram.
Seandainya umur saya sekarang tiga puluh tahun maka tiga puluh dikali tiga ratus enam puluh lima (jumlah hari dalam setahun) lalu dikalikan dua puluh empat (jumlah jam dalam sehari) maka akan didapatkan angka 2.628.000 (dua juta enam ratus dua puluh delapan ribu) gram atau dua ribu enam ratus dua puluh delapan kilo pasir yang menetes dari kehidupanku.
Jumlah pasir yang amat berat, dan bila saya seorang pekerja bangunan jumlah itu sanggup untuk membangun sebuah jembatan.. maka sungguh amat rugilah kita bila kita menyia - nyiakan waktu hidup kita. Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar