Minggu, 18 Oktober 2009

BATU KALI DAN BATU GUNUNG


gambar dari anaknaholsoan.wordpress.com/.../04/batu-pijakan/

Kami adalah batu kali dan batu gunung.. Batu kali berwarna agak hitam dengan tepi yang halus, sedang batu gunung berwarna agak kemerahan dengan tepi yang kasar.
Dulunya kami tidak pernah bertemu, soalnya jauh sih.. satu tinggal di gunung, satunya lagi di sungai.. namun tiba – tiba pembangunan perkotaan mencerabut kami dari tempat tinggal kami dan akhirnya kami bertemu dan bersama – sama dijadikan pengalas jalan dan jembatan.
Sebenarnya sedih juga harus terpisah dari tempat tinggal kami.. tapi apa boleh buat, kami ini benda mati.. benda hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan saja harus ikut kemauannya manusia, apalagi kami.
Manusia adalah pemimpin bumi ini.. dan kami harus patuh pada pemimpin.. itulah takdir kami.. walau kami harus menopang beban truk dan kereta api yang kelewat berat..kami terima itu semua.
Namun.. sebagai pemimpin, manusia juga harus nyadar untuk memahami dan memelihara alam ini.. jangan cuma dieksploitasi sesukanya dan tidak ada usaha untuk memperbaikinya.. bisa – bisa air sungai meluap dan banjir terjadi di mana – mana karena batu kalinya sudah diambil dan tidak ada lagi pembendungnya.
Bisa – bisa bumi retak dan diguncang gempa, karena bebatuan bukit dan gunung yang biasa memberatinya sudah tidak ada lagi.
Kami pasrah pada takdir kami untuk diambil manfaatnya oleh manusia.. namun anda juga harus harus janji untuk merawat alam ini.. Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar